Banjarmasin sangat terkenal dengan sebutan kota seribu sungai, yang artinya bahwa kota Banjarmasin mempunyai banyak sungai yang mengalir di berbagai arah atau juga disebut daerah rawa yang sangat menarik untuk pengembangan pariwisata air untuk para wisatawan baik dari daerah-daerah lain maupun dari mancanegara yang ingin berkunjung ataupun berwisata di Banjarmasin. Di kota Banjarmasin juga merupakan tempat yang strategis untuk mengais rejeki berperahu mendagangkan berbagai sayuran, buah-buahan dan lain sebagainya yang dikenal sebagai pasar terapung. Pada saat waktu subuh tiba, para pedangan berkumpul di perahu masing-masing sampai terbitnya matahari.
tetapi tahukah bahwa dibalik keindahan dan potensi-potensi sumber daya yang melimpah di Banjarmasin ternyata juga menyimpan berbagai kekurangan, khususnya yaitu ketidaksadaran masyarakatnya akan menjaga kebersihan. Setiap kali habis memakai barang, sampahnya selalu dibuang sembarangan. Siapakah yang perlu disalahkan? Pemerintah yang tidak bisa menanggulangi tentang kebersihan dengan menyediakan peraturan tentang sampah dan mendenda apabila membuang sembarangan atau hal ini semata-mata karena masyarakat yang memang tidak tahu-menahu untuk membuang sampah pada tempatnya. Yah, menurut pendapat dari saya memang salah kedua-duanya. Pemerintah juga sangat kurang memperhatikan masyarakatnya, seharusnya masalah sampah harus ditanggapi benar-benar agar kota banjarmasin tidak disebut kota seribu sampah. misalnya pemerintah mencontohkan di setiap minggunya untuk mengumpulkan para masyarakat untuk bergotong-royong mengais sampah yang berserakan di sungai-sungai dan jalan-jalan, memberlakukan denda keras kepada masyarakat yang kurang sadar akan kebersihan dalam membuang sampah, dan dibikinkan tempat sampah besar di pinggir-pinggir jalan satu buah tempat sampah setiap 500 meter, serta melakukan pemberian 1 buah tempat sampah di setiap rumah yang tidak mempunyai tempat sampah, juga menerangkan bagaimana cara-cara pengenalan untuk menanggulangi sampah. Artinya hal itu perlu dibentuk sebuah tim khusus untuk pelayanan dan pengetahuan tentang sampah yang berkunjung ke setiap rumah.
Dengan demikian kemungkinan besar kota Banjarmasin akan menjadi kota bersih dari berbagai sampah dan mempunyai citra yang baik bagi daerah-daerah lain. semoga hal ini bermanfaat juga bagi saya sebagai penulis, bagi anda dan bagi orang lain. terimakasih