Generasi baru online telah menciptakan website yang telah mengubah cara PR update yang telah didiajukan. Lowongan telah disejajarkan untuk bisnis kecil dengan penciptaan layanan siaran dan biaya distribusi berbasis. Ini akan menggunakan layanan cepat dan layanan situs gratis untuk membuat dan menerbitkan siaran pers. Berbagai perusahaan-perusahaan ini akan mengadakan press seleksi ke bisnis dan membuatnya lebih tersedia dan menonjol untuk umum. Mereka akan membuatnya lebih mudah dicari dan menonjol pada pencarian web.

Relasi umum mengandalkan siaran pers. Biasanya tujuannya adalah untuk mendapatkan perhatian untuk pembaca atau perusahaan, perlu untuk meningkatkan kesadaran masyarakat baik sendiri atau produk mereka. Siaran pers akan memberi wartawan, penerbit dan berita informasi yang cukup untuk membuat berita. Sebuah update PR memungkinkan memuat banyak hal, dan pada dasarnya mencakup apa pun yang perhatian publik mungkin ingin dicari. Hal ini dapat menimbulkan hal-hal seperti peristiwa-peristiwa sekitar untuk mengambil tempat seperti pernikahan atau peristiwa pemasaran, atau kabar seperti seorang artis sedang populer. Siaran pers mungkin hanya mempromosikan pribadi, atau penghargaan. Sepotong PR dapat berkisar penjualan produk perusahaan, layanan atau terjadwal yang baru serta informasi keuangan lainnya yang mungkin menarik investor. Mereka bahkan mungkin meliputi prestasi, seperti perusahaan menjadi lebih ramah lingkungan atau selebriti melakukan acara amal. Mereka kadang-kadang digunakan sebagai cara untuk menciptakan sebuah cerita fitur atau persiapan untuk konferensi pers.

Cara distribusi siaran pers terserah kepada individu, perusahaan, instansi atau pr perusahaan distribusi nya sendiri. Ketika sebuah lembaga distribusi yang digunakan mereka sering akan mengetahui metode terbaik distribusi karena pengalaman mereka sebelumnya di lapangan. Mereka juga akan lebih mampu mengambil keuntungan dari jalan tertentu media pers. Salah satu contoh adalah dengan internet. Posisi pencarian situs dapat dimanipulasi oleh perusahaan sehingga berita yang pertama yang tersedia untuk target audiens. Ketika datang ke jalan lain, mereka lebih mungkin tahu apa kali untuk mengiklankan siaran pers tersebut pada media seperti radio atau TV. Mereka juga akan tahu mana wartawan dan penerbit untuk memanggil jika rilis waran perhatian komersial yang lebih besar.

Kadang-kadang sebuah artikel PR dirilis awal dan kemudian dibocorkan, hal ini adalah proses membiarkan kantor berita tahu sesuatu tapi kemudian meminta agar mereka tidak merilis informasi. Hal ini terjadi tidak lama yang lalu ketika Pangeran Harry dari Inggris terbang helikopter di atas Afghanistan. Istana telah menghubungi semua kantor berita dan memberitahu mereka di mana dia, tapi meminta bahwa itu tidak dirilis karena akan mengancam kehidupan tentara.