oleh : Yazid Fahri Fisip UNLAM Banjarmasin (Administrasi Negara)

Mengapa Indonesia tidak pernah maju-maju dalam bidang apapun? Malah semakin merosot dan terpuruk di dunia Internasional. Mengapa demikian? Karena Indonesia memiliki penyakit yang sudah melekat di dalam dirinya yaitu penyakit korupsi. Permasalahan masalah korupsi tidak ada habisnya diperbincangkan dan diperdebatkan oleh siapapun, karena mana orang-orang yang korupsi dengan gampangnya memberi makan uang tutup terhadap siapapun yang yang menghalangi jalan korupsi tersebut. Pada setiap aksi korupsi yang dilakukan oleh orang-orang yang mempunyai jabatan yang tinggi, dan lahan basah yang dikelolanya maka bukan tidak mungkin setiap orang yang bekerja di sana tidak tergiur dengan banyaknya uang yang diraupnya demi keserakahan sendiri.
Tidak sadarkah bahwa tindakannya itu salah dan melanggar hukum? Memang, dari uraian yang saya singgung di atas, semua itu adalah penyakit bawaan yang sudah melekat di dalam dirinya. Sumpah jabatan yang dilakukannya di atas Al-Qur’an merupakan topeng bahwa ia merupakan orang yang jujur, dapat dipercaya dalam melaksanakan tugas dan tanggungjawabnya, dan menyampaikan janji-janji akan kemajuan Bangsa dan Negara. Semua itu bohong belaka. Tidak sadarkah kalian pejabat Negara bahwa uang korupsi yang kalian makan itu merupakan hasil jerit payah dari rakyatmu? Tidak berdosakah apabila kalian memakan uang kami wahai tikus-tikus Negara? Tidak takutkah terhadap tuhanmu? Uang hasil korupsi kalian itu merupakan uang haram. Mengapa tetap kalian makan? Membangun Rumah-rumah mewah dan besar bagaikan istana, kalian setorkan uang tersebut untuk menunaikan ibadah haji.
Seandainya di Negara Indonesiaku tercinta ini tidak pernah ada manusia-manusia keji para sang korupsi, maka Bangsaku akan maju. Bisa menghidupi dan memakmurkan masyarakat-masyarakat yang miskin dengan Uang rakyat tersebut. Bisa menyekolahkan dan menguliahkan dengan gratis bagi anak-anak penerus Bangsa ini.
Reformasi, siapa orang-orang Reformis dan Pendiri Reformis? Itu adalah orang-orang atau antek-antek suruhan Amerika agar mengacaukan dan menghancurkan Indonesia dengan sistem politiknya. Seharusnya kata-kata Reformasi adalah perubahan ke arah yang lebih baik dari yang dulu. Apakah Sesuai dengan kehendak para orang-orang Reformis? Presiden sekarang seakan-akan takut ingin ini dan ingin itu, karena Presiden di bawah kendali para anggota MPR dan DPR. Yang memangkat dan yang memberhentikan Presiden tercinta hanyalah MPR dan DPR. Anggota MPR dan DPR lah biang dari semua korupsi di Negara ini. Sadarlah kalian….