Oleh Yazid Fahri

Kerukunan Mahasiswa Hulu Sungai Selatan adalah wadah dimana suatu perkumpulan seluruh mahasiswa dari Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Kerukunan Mahasiswa pertamakali dibentuk ketika baru dibangunnya Asrama Putra Mahasiswa Hulu sungai Selatan “Munggu Raya” – Banjarmasin. Organisasi Kerukunan Mahasiswa Hulu Sungai Selatan Letaknya sendiri berada di kayutangi, jalan Brigjen H. Hasan Basri Komplek Cendana 2C ujung Asrama Putra Mahasiswa Hulu Sungai Selatan “Munggu Raya” no 94 RT 43 Banjarmasin 70123.
Organisasi Kerukunan Mahasiswa Hulu Sungai Selatan sendiri mempunyai anggota-anggota dari anggota Asrama, istilahnya antara Anggota Asrama Mahasiswa Hulu Sungai Selatan juga merupakan Anggota Anggota Kerukunan Mahasiswa Hulu Sungai Selatan. Di sini kami mempunyai kegiatan-kegiatan dalam setiap tahunnya. Kegiatan-kegiatan yang sering kami ikuti ialah seperti :
1. “Napak Tilas” Mengenang hari Kemerdekaan Kalimantan selatan yang diadakan di Kabupaten Hulu Sungai Selatan. Kegiatan tersebut merupakan kegiatan rutin setiap tahun dengan berjalan kaki beramai-ramai seperti halnya para pejuang yang berjuang membela tanah airnya di Kalimantan Selatan. Rute jalan yang dilalui mulai dari Jln. Aluh Idut tinggiran Kandangan, di angkut dengan menggunakan kendaraan Truk sampai ke desa Sungai Hanyar, berjalan kaki menuju desa Durian Rabung yang mana di sana terdapat tulisan peninggalan dari pejuang untuk dikenang, besoknya berjalan kaki lagi menuju penginapan di desa Tanuhi, berjalan kaki kembali ke tempat teks Proklamasi Kemerdekaan dibuat. Kemudian berjalan menuruni gunung-gunung dan berakhir di Kota Kandangan atau di Lapangan Lambung Mangkurat.
2. “Bambu Rafting” dimana tempat rekreasi berperahu paring atau sebutan populernya “Balarut Balanting” dari Hulu Sungai Amandit sampai ke bawah menuruni gunung-gunung melalui sungai sepanjang sungai Amandit.
Nah, itulah kegiatan-kegiatan yang sering kami ikuti dalam memeriahkan acara di Kabupaten kami sendiri yaitu Kabupaten Hulu Sungai Selatan.

Kerukunan Mahasiswa Hulu Sungai Selatan juga membantu mahasiswa dari Hulu Sungai Selatan untuk mengurus Beasiswa Skripsi dari Bupati Hulu Sungai Selatan. Artinya kami merupakan penghubung antara Pemerintah Daerah dan mahasiswa, dalam segala urusan yang berkaitan dengan kepengurusan Beasiswa beserta pernyaratannya bisa ditanyakan langsung ke Asrama Putra Mahasiswa Hulu Sungai Selatan “Munggu Raya”/ ke Badan Kepengurusan Kerukunan Mahasiswa Hulu Sungai Selatan yang alamatnya sudah tertera di atas. terimakasih