Peranan menjawab pertanyaan apa yang sebenarnya dilakukan oleh seorang manajer di dalam menjalankan kewajiban-kewajibannya. Suatu peranan dirumuskan sebagai suatu rangkaian perilaku yang teratur, yang ditimbulkan karena suatu jabatan tertentu, atau karena adanya suatu kantor yang mudah dikenal. Kepribadian seseorang barangkali juga sangat mempengaruhi bagaimana suatu peranan harus dilakukan.
Peranan timbul karena seorang manajer memahami bahwa ia bekerja tidak sendirian. Dia mempunyai lingkungan, yang setiap saat ia perlukan untuk berinteraksi. Lingkungan itu luas dan beraneka macamnya, dan masing-masing manajer mempunyai lingkungan yang berlainan. Baik manajer tingkat atas, tengah, ataupun manajer bagian bawah, tetapi peranan yang harus dimainkan pada hakekatnya tidak ada perbedaan.
Ada empaat peranan manajer yang harus dilaksanakan oleh manajer dalam memanajemen organisasi yang dipimpinnya secara efektif. Empat peranan itu, Menurut Ichak Adizes ialah : memproduksi, melaksanakan, melakukan informasi, dan memadukan (integrating). Karena empat peranan tersebut pada umumnya telah menjadi peranan yang lazim dan dilakukan oleh manajer-manajer dalam mengelola perusahaannya.

Daftar Pustaka
Thoha, Miftah (1993). Perilaku Organisasi, RajaGrafindo Persada: Jakarta