Ciri partai politik Bersih ialah partai politik yang mematuhi beberapa faktor, yaitu:
1. Tidak melakukan Kampanye Partai,
Kampanye diisukan bahwa di dalam kampanye Partai terdapat kecurangan-kecurangan money politik atau politik uang. Dalam penyelenggaraan kampanye, tidak sedikit uang yang dikeluarkan demi berkompetisi dengan kelompok partai-partai yang lain untuk menarik perhatian masa untuk mendukung partai mereka agar terpilih menjadi pemenang partai pada saat pemilihan umum.
2. Pembagian Berupa Barang ataupun Uang atas nama Partai Politik,
Pembagian berupa barang-barang secara terbuka ataupun tertutup kepada masyarakat umum merupakan tindak kejahatan dalam bentuk penyuapan. Walaupun jika para anggota menyangkal tudingan tersebut dan berpendapat bahwa “kami memberikan bantuan kepada masyarakat secara cuma-cuma”, akan tetapi dari pendapat yang mereka katakan tersebut sebenarnya tersirat untuk sekaligus menyuap masyarakat umum untuk memilih partainya.
Jika masalah politik uang tersebut sudah bisa diberantas, maka tindak korupsi akan berkurang. Disarankan kepada pemegang calon Partai politik, siapapun yang akan menang, tunjukkanlah dedikasi kalian untuk senantiasa memajukan Bangsa ini walaupun harus tanpa digaji.